Minggu, 21 Juni 2009

Lahan Basah di Kalimantan Selatan

Bendungan Riam Kanan Sebagai Buffer Banjir


Semua orang yang tinggal di Kalsel pasti mengetahui bendungan ini. Bendungan yang terletak pada Coordinates: 3°31'6"S 115°0'32"E dan seluas 92 km2 (lihat foto aerial daerah waduk) ini selain sebagai sebagai pembangkit lisrik, bendungan ini juga sebagai tempat wisata dan pemberdayaan hasil ikan air tawar. Tapi tahukah mereka bahwa Bendungan Riam Kanan ini juga berfungsi sebagai Buffer Banjir, yaitu suatu lahan basah penyangga agar daerah sekitarnya tidak kelebihan air dari hujan deras pada musim penghujan. Salah satu kejadian penting megnenai fungsi bendungan tersebut adalah naiknya air waduk Riam Kanan pada akhir bulan Juni 2006 karena intensitas hujan yang tinggi di daerah hulu.

Seperti diketahui luas tangkapan air hujan (catchment area) adalah 1,043 km2, Emergency Spillway merupakan saluran pembuangan air waduk melalui perbukitan di sebelah kiri bendungan (dari arah waduk) dan didesain untuk keadaan darurat bila ketinggian muka mencapai EL 63.0 yaitu permukaan air yang dikategorikan sebagai muka air banjir. Dengan ketinggian 60 cm di bawah permukaan air banjir, maka sebagian kawasan emergency Spillway sudah mulai terkikis. Sejumlah rumah di daerah waduk yang dibangun pada ketinggian kurang dari elevasi 62.00 akan terendam.
Sementara itu Service Spillway sebagai saluran pembuangan air waduk beroperasi bila level air mencapai EL 57 m, dengan kecepatan pembuangan 500 m3/detik. Jumlah air yang disalurkan selama 18 hari diperkirakan mencapai 750 juta meter kubik. Bandingkan dengan kapasitas penyimpanan air terbesar (gross) 1,200 juta m3, dan kapasitas penyimpanan air effektif 600 juta m3. Di daerah emergency Spillway juga perlu diadakan perataan tanah dan pembuangan lumpur, sehingga tidak mengganggu lalu lintas bagi warga yang berdiam disekitarnya. Coba bayangkan jika bendungan ini tidak dapat menjalankan fungsinya, mungkin daerah sekitarnya sudah terendam banjir.

Dari hal diatas dapat kita ketahui fungsi Bendungan Riam Kanan selain sebagai pmbangkit tenaga listrik, yaitu :

  • Sumber cadangan air, dapat menyerap dan menyimpan kelebihan air dari daerah sekitarnya dan akan mengeluarkan cadangan air tersebut pada saat daerah sekitarnya kering.
  • Mencegah terjadinya banjir.
  • Mencegah intrusi air laut ke dalam air tanah dan sungai.
  • Sumber energi.
  • sumber makanan nabati maupun hewani, yaitu dari hasil ikan dan tumbuh-tumbuhan yang terdapat di areal bendungan ini.

Jadi keberadaan lahan basah seperti Bendungan Riam Kanan dan juga lahan basah yang memiliki fungsi yang sama sangat penting. Kita harus bisa menjaga dan memberdayakan lahan basah ini untuk kemaslahatan kita bersama.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar