Senin, 22 Juni 2009

Praktikum di Loksado



Loksado adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang beribukota di kota Kandangan. Disini merupakan hulu sungai dari hampir seluruh sungai yang mengalir di Kalimnatan Selatan. Disini kami melakukan pengukuran debit air di sungai Amandit pada titik koordinat S 02 47' 18,7" dan E 115 27' 17,0" dengan ketinggian 118 meter di atas permukaan air laut. Alat yang digunakan dalah Flowmeter yaitu alat untuk menghitung besar kecepatan aliran air dan GPS yaitu alat untuk mengetahui koordinat tempat dan ketinggian dari permukaan laut. Setelah melihat-lihat daerah tersebut, potensi yang dapat dikembangkan adalah pariwisata. Sedangkan aliran airnya kurang cukup untuk menghasilkan energi listrik yang cukup besar. Berdasarkan observasi kami debit air sungai tersebut hanyan 3,17 m3 /s. Kedalaman sungai rata-rata hanya 60 cm, lebar sekitar hanya 10 meter. Sehingga kurang bias dimanfaatkan untuk pembangikt listrik.

Untuk mengukur lebar sungai kami hanya memakai kayu-kayu yang ada disekitar sungai, kayu-kayu tersebut kami tancapkan satu persatu sejauh 1 meter pada air sungai tersebut setinggi air yang mengalir dan selebar sungai tersebut, kemudian mengukur ketinggian air masing-masing kayu tersebut. Setelah mendapatkan luas penampang alir air tersebut, kemudian mengukur kecepatan air , bisa menggunakan flowmeter ataupun manual yaitu dengan cara melarutkan kertas atau daun di atas permukaan air sejauh jarak tertentu , dan akhirnya akan mendapatkan nilai kecepatan air tersebut. Sedangkan debit aliran dapat di dapatkan dengan cara mengalikan antara kecepatan air dengan luas penampang aliran sungai yang telah di ukur tadi. Berdasarkan hasil pengukuran kami dalam mengukur debit air sungai amandit tersebut, kami memperkirakan debit air per tahun sungai amandit tersebut adalah sekitar 3,17 m3/s.


Sebaiknya Pemerintah daerah ikut serta mengembankan daerah wisata tersebut sehingga maikn banyak menarik wisatawan dari kalsel maupun luar kalsel, yaitu dengan menyediakan akomodasi yang baik seperti penginapan serta memperbaiki infrastruktur daerah tersebut misalnya perawatan jalan dan listrik. Sehingga potensi daerah tersebut sebagai kawasan tidak tersia-siakan apalagi daerah tersebut memiliki nilai sejarah yang penting tentang Proklamasi Kemerdekaan Kalimantan oleh Brigjend Hasan Basri.

2 komentar:

  1. Tolong jaga dan lestarikan alam hutan Loksado dari penambang-penambang yang hanya menginginkan uang dan harta tanpa memikirkan kerusakan hutan nantinya.
    Hutan yang indah ini adalah warisan untuk anak cucu kita di masa depan.

    BalasHapus